Kelebihan Dan Kekurangan TR final Tanpa Resistor Basis

Kit Power amplifier adalah komponen elektronik sebagai alat untuk mengjadikan signal audio keci menjadi besar tak lupa pula TR final ,Tr final adalah komponen terakhir atau komponen final dari power amplifier sebagai penguat signal audio.

Menggunakan Tr final terlalu banyak juga kurang bagus kalau tidak diimbagi dengan suplay daya dari travo, semakin banyak TR final maka semakin besar pula daya yang siperlukan kalau daya kurang besar maka kerja TR finalpun tidak akan maksimal.

Untuk itu sesuaikan Travo dan TR final yang digunakan, bila hanya menggunakan trafo 10 amper maka cukup menggunakan TR final 3set sanken dan 5set Toshiba, Contoh saja power buildup dengan travo 20-25 amper saja cukup menggunakan TR final sebnayak 6set toshiba.

Resistor Basis 10 ohm, resistor yang berada di kaki basis TR final ini memang sering dijumpai pada kit power rakitan dan power build up, tau kah anda fungsi resistor basis untuk apa Lihat disini.

KELEBIHAN DAN KEKURANGANYA

Resistor basis wajib digunakan untuk power amplifier dengan daya besar agar daya pada TR final rata selain itu fungsi lain dari R basis adalah sebagai sekring jadi seandainya terjadi over gain yang mengakibatkan kerusaakan Kit atau TR final makan resistor basis tersebut akan putus jadi keamanan tr final akan lebih terjaga.

Untuk daya kecil misal trafo 5 amper akan lebih mantap bila tanpa Resistor basis karena daya yang disalurkan ke TR final lebih besar maka daya yang dikeluarkan juga akan lebih besar itu yang membuat power ampli lebih mantap dan nendang.

Namun untuk Trafo diatas 5 amper ajib menggunakan Resistor basis karena bila tidak menggunakan maka akan fatal akibatnya seperti gambar dibawah ini, Gambar dibawah ini adalah spool speaker Toto Sound 15" yang terbakar akibat membuat power ampli rakitan 10 amper bell dan kit Socl 504 platinum hanya 7 detik 2 speaker terbakar padahal hanya tes inputnya saja yang dipegang.

Awalnya saya bingung kenapa bisa terjadi seperti ini, dulu juga pernah mengalami hal sperti ini namun saya tidak paham menjurus kesitu, setelah saya usut lagi ternyata penyebabnya adalah resistor basis yang tidak saya pasang

Korban SOCL 504 tanpa resistor basis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skema Box Turbo Bass 18 inch

Kumpulan Skema Box Speaker Subwoofer Lapangan